Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Burung Kicau Favorit Para Penghobi

Burung.Eu.org: 5 Jenis Burung Kicau Favorit Para Penghobi - Setiap penghobi Burung Kicauan pasti tahu mana burung yang bagus untuk di pelihara dan burung hanya asal hidup saja.

Seperti halnya Burung kicau Favorit terbaik pasti akan sangat di pelihara dengan perlakukan yang sangat istimewa.

Burung adalah kebahagiaan tersendiri untuk para pecinta kicauan ini, maka dari itu setiap penghobi pasti memilah burung kicau yang bagus untuk menjadi teman berbagi kebahagiaan.

Sudah sejak lama sekali sejarah burung-burung jenis pengicau ini populer di Indonesia. Karena Kicauan yang sangat merdu membuat burung-burung jenis ini selalu membuat pemiliknya terlena dan sangat jatuh cinta.

Kicau merdu burung-burung milik penghobi ini tentunya tidak hanya untuk dinikmati sendiri oleh pemiliknya, karena Suara yang indah tersenut Mereka juga sering diikutsertakan ke dalam berbagai kontes perlombaan.

Baca Juga: Burung Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)

Harga burung kicauan ini bisa menembus angka yang sangat fantastis, tergantung dari berapa banyak kontes dan perlombaan yang dimenangkan. Semakin banyak penghargaan serta piala yang diraih, tentu semakin mahal pula harga jual yang ditawarkan. 

Meskipun harga kadang sangat mahal, tetapi masih banyak kicau mania yang tetap berani merogoh dompet dan berminat untuk mengoleksi berbagai jenis burung kicauan terbaik ini.

5 Jenis Burung Kicau Favorit Para Penghobi

Di Indonesia ini sendiri ada beberapa jenis burung kicauan favorit yang banyak dipelihara oleh para penghobi burung. Di bawah ini adalah contoh lima dari jenis burung kicauan terfavorit yang sering dipelihara oleh sebagian Penghobi dan juga masyarakat di Indonesia.

Burung Kacer (Kucica Kampung) Copsychus saularis


Burung kacer ini Dikenal dengan nama Kucica Kampung atau yang dalam Bahasa Inggris disebut Oriental Magpie-Robin, Burung Kacer merupakan burung kicau favorit yang sering kali diburu oleh para penghobi. Burung kacer adalah jenis burung yang paling rutin untuk dilombakan. 

Kicauannya yang nyaring dan merdu membuat setiap orang terpesona mendengarnya. Corak warnanya yang sederhana, terdiri hanya dari dua warna saja yaitu warna hitam dan putih yang semakin memberikan kesan elegan.

Burung Kenari

Burung KenariBurung Kenari – Pixabay.com

Burung kenari pertama ditemukan Oleh Pelaut Prancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary. Burung kenari yang mungil saat ini memang menjadi jenis burung kicau yang lumayan banyak dipelihara oleh kicau mania indonesia. 

Perawatannya yang sangat mudah dan suara yang sangat melengking indah menjadikan burung ini paling banyak diminati di pasaran. Burung ini juga dikenal sangat lincah dan cerdik, apalagi jika diberikan pakan yang tepat. Burung kenari juga sangat mudah untuk ternak untuk dikembangbiakan.

Burung Murai Batu (Kucica Hutan) Copsychus malabaricus

Burung Murai Batu
Burung Murai Batu

Kucica Hutan juga dikenal sebagai Murai Batu termasuk ke dalam famili Muscicapidae atau burung cacing Dengan tampilan yang cantik, burung murai batu menjadi dambaan dan primadona di kalangan para penghobi burung kicau. Meskipun berbadan kecil tetapi di hiasi corak warna dari murai batu bisa dibilang anggun. Bukan hanya penampilannya yang cantik, tetapi suara kicauannya yang juga sangat merdu dan bisa menirukan kicauan burung lainnya.

Burung Cucak Rowo - Pycnonotus zeylanicus

Burung Cucak RowoBurung Cucak Rowo – Binatangpeliharaan.org

Cucak rawa adalah sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae. Burung ini juga dikenal umum sebagai burung krakau, nama di Kapuas Hulu, Kalbar, cucakrawa, cangkurawah, dan barau-barau. Dalam bahasa Inggris disebut Straw-headed Bulbul, mengacu pada warna kepalanya yang kuning-jerami pucat.

Dengan kicauan merdu dan seperti menggema kemana-mana, burung cucak rowo juga memiliki banyak peminat di kelasnya. Karena keunikan suara dari burung ini sehingga dihargai cukup mahal. Karena tampilannya yang kurang menarik, cucak rowo sering dianggap remeh untuk yang belum tahu. Padahal, sekali dia berkicau pasti semua orang akan terpesona ketika mendengarkannya.

Burung Anis Merah

Burung Anis MerahBurung Anis Merah – Bintang.com

Anis merah adalah salah satu jenis burung kicau dari keluarga Turdidae dan Genus Geokichla. Burung ini tentunya bersifat omnivora, memakan berbagai macam serangga, cacing tanah, dan buah yang dapat dijumpai di beberapa daerah Sub-benua India dan Asia Tenggara berlahan basah dan berakar

Selain kacer Poci, burung anis merah juga amat sering dilombakan. Tidak kalah dengan suara kacer, suara kicau anis merah juga amat sangat merdu. Keunikan burung ini memang terdapat pada suara kicaunnya yang seperti suara orang teler atau mabuk yang sedang berbicara. 

Bunyi “cir” yang keluar dari paruh burung ini juga sangatlah khas. Tidak heran jika anis merah juga menjadi salah satu burung favorit para kicau mania yang wajib di pelihara.

Kesimpulan

Demikian sedikit informasi mengenai 5 Jenis Burung Kicau Favorit Para Penghobi. Selain lima jenis burung seperti di atas tadi, di indonesia masih ada banyak puluhan burung kicau lainnya lagi yang menjadi favorit para penghobi burung di Indonesia.

Jangan Lupa selalu pantengi situs ini untuk melihat pengetahuan yang akan kami berikan.

Salam satu Hobi, salam Kicau Mania