Murai Batu, Burung Kucica Hutan Yang Super Mahal


Burung.Eu.org: Murai Batu, Burung Kucica Hutan Yang Super Mahal. Burung yang saat ini mewah adalah Kucica Hutan yang juga dikenal sebagai Murai Batu. Burung ini termasuk ke dalam famili Muscicapidae atau burung cacing. 

Tersebar di seluruh pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia, dan sebagian pulau Jawa. Beberapa pakar menganggap ras dari Kalimantan Utara Murai alis putih sebagai spesies tersendiri yang mana biasanya juga ada di filiphina.

Jika anda seorang yang penghobi dunia kicau, maka anda sudah tak asing lagi dengan nama burung ini, karena setiap kicau mania pasti ingin sekali bisa memiliki burung ini. 

Bukan hanya dari suranya saja yang membuat orang ingin memilikinya, tetapi karena harganya juga yang sangat luar biasa mahal jika sudah memenangkan perlombaan.

Bagaimana tidak mahal, burung ini bisa berharga milyaran rupiah lho. Apalagi semenjak jokowi pernah viral menawar burung murai batu milik orang brebes dengan harga 4 milyar tetapi tidak di kasih, moment itu memberikan respon baik dan gembira kepada para kicau mania bahwa hobi Murai batu juga bisa mendatangkan rizki yang luar biasa.

Burung Kucica Hutan / Murai Batu


Mungkin sebagian orang belum pernah mendengar nama Kucica Hutan karena nama ini sebenarnya berasal dari tempat aslinya yaitu di kawasan medan dan aceh.

Ciri-ciri dari Jenis burung cacing yang sukanya di tanah ini berukuran agak besar, yaitu memiliki panjang kurang lebih 27 cm. Sedangkan untuk ciri khas yang menarik lainnya yaitu burung ini berekor panjang, putih, hitam, dan juga kadang merah karat.

Pada bagian kepala, leher, dan juga pada bagian punggung pada kucica hutan ini berwarna hitam dengan ciri khas yaitu terlihat kilauan yang berwarna biru.

Selain itu pada bagian sayap dan juga pada bagian bulu ekor tengah burung ini berwarna hitam buram, tungging serta bulu ekor luar putih. Lalu untuk bagian perut berwarna merah karat jingga.

Sedangkan untuk bagian iris berwarna coklat tua paruh hitam dan bagian kakinya berwarna coklat abu-abu.

Burung murai batu atau kucica hutan ini dari famili Muscicapidae (burung cacing) yang juga mempunyai bulu hitam di kepala, leher, bagian atas tubuh, dan ekor.

Harga Murai Batu


Siapa yang tidak pernah mendengar mahalnya harga burung ini? pasti pernah dong?!

Sekarang ini Harga Murai Batu tergolong cukup sangat stabil hampir dari semua daerah di Indonesia, meskipun ada sebagian yang harganya fantastis itu karena kebanyakan dihuni oleh pemilik trah juara. 

Bagi Anda yang kebingungan ingin memilih dan membeli jenis Burung Murai Batu yang mana yang akan dijadikan sebagai pemuas hobi atau sekedar untuk Burung Kicauan di rumah, sebaiknya baca sampai akhir beberapa jenis dan harga dari murai batu di postingan ini.

Untuk Harga Murai pasti sudah tak di ragukan lagi, urutan pertama paling mahal meskipun belom memiliki label juara pastinya tetap murai batu medan. Harga lolohan usia 2 minggu saja sudah menginjak harga 2 jutaan.

Untuk selengkapnya kami ulas di bawah ini:

Harga Murai Batu Medan


Dari sekian banyaknya jenis Burung Murai Batu, ternyata yang paling banyak dijadikan masteran burung adalah jenis Burung Murai Batu Medan. 

Meskipun Harga Murai Batu Medan masih tergolong paling tinggi dari jenis yang lainnya, namun jika sudah terlalu cinta pastilah harga bukan masalah walaupun harus merogoh banyak rupiah.

Murai Batu Medan rata-rata memiliki panjang ekor 19 hingga 30 CM dan ini menjadikan nilai tambah tersendiri baginya. 

Bagian kepalanya hingga ke sayap di dominasi warna hitam elegan yang pekat dan bagian dadanya dibalut warna orange yang indah. Dan dari segi Suara Kicau nya begitu merdu dan sangat keras sekali.

Harga Burung Murai Batu Medan yang telah jadi atau sudah dewasa dan gacor rata-rata di bandrol pada kisaran 4.000.000 hingga 5.000.000 tergantung Suara Kicau nya. 

Untuk anakannya biasa di bandrol dengan kisaran harga 2.000.000 yang usianya sekitar 4 bulanan atau hampir lepas trotol. Harga Burung Murai Batu juga ada yang berada di kisaran 10.000.000 hingga 12.000.000 untuk yang jenis murai batu medan super yang ekornya sekitaran 25 sampai 30 CM dan jenis ini termasuk sulit ditemukan sekarang ini.

Harga Murai Batu Lampung


Burung Murai batu lampung ini termasuk salah satu jenis kicauan yang sedikit berbeda dengan jenis-jenis lainnya, karena ekornya memang sedikit lebih pendek dari kebanyakan murai batu lainnya, yakni hanya sekitar 12 hingga 18 centi saja. 

Namun tetap saja memiliki suara yang sangat merdu dan tetap masih tergolong mahal karena kualitas suaranya ini. 

Murai batu lampung ini termasuk sangat pandai dalam menirukan suara masteran burung lain yang di dengarnya. Jika Anda ingin menjadikannya sebagai tambahan koleksi kicauan di dalam rumah anda, maka Anda bisa memilikinya dengan kisaran harga 1.5 jutaan dan untuk yang murai batu lampung super biasa di hargai 2.500.000 hingga 3.800.000 rupiah.


Harga Murai Batu Nias


Untuk urutan selanjutnya adalah Murai Batu Nias yang memiliki Salah satu daya tarik tersendiri, murai batu nias ini jika dibandingkan dengan jenis murai lainnya adalah keunggulannya yaitu dalam menirukan hampir semua suara masteran burung yang di dengarnya, bahkan suara manusia pun bisa ditirukan oleh Burung Murai yang satu ini jika di latih sejak masih bayi.

Dari beberapa kalangan ada yang bilang bahwa burung Murai Batu Nias vs Murai Batu Lampung ini menganggap bahwa Murai Batu Nias lebih unggul dari segala nilai, dari nilai ekor, nilai fighter, nilai suara dan lain sebagainya.

Tetapi tetap sebagian orang juga menganggap bahwa Murai Lampung lebih unggul.

Dari kehebatan Murai Nias ini Tidak salah jika dengan semua kemampuan yang dimilikinya itu menjadikan harga jualnya cukup lumayan. Harga Murai Batu Nias yang dewasa di pasaran biasanya di bandrol pada kisaran 2.500.000 rupiah bahkan kadang lebih tergantung suara kicau nya.


Harga Murai Batu Borneo


Apa bedanya dengan Murai KL? Sepertinya hampir sama, karena memang asli dari satu pulau. Seperti namanya, burung kicauan ini salah satu jenis murai batu yang daerah asalnya adalah pedalaman hutan yang ada di Kalimantan.

Murai Batu Borneo juga termasuk yang sangat pandai menirukan masteran burung yang di dengarnya, bahkan jika bisa memperolehnya secara langsung dari hutan maka suaranya sangatlah merdu sekali.

Harga Burung Murai Batu Borneo biasanya di bandrol pada kisaran 600.000 rupiah saja, dan untuk yang sudah rajin berbunyi hanya di hargai kisaran 1 jutaan saja. Namun terkadang di tiap daerah akan berbeda patokan harganya. Dan harganya juga bisa dipengaruhi oleh kualitas suara kicauannya, makin merdu suaranya tentulah makin mahal harganya.


Daftar Harga Burung Murai Batu Terbaru


NO. JENIS MURAI HARGA
1. Murai Batu Air 250.000
2. Murai Batu Medan Hutan (Dewasa) 1.700.000
3. Murai Batu Kalimantan (Borneo) 750.000
4. Murai Batu Medan Hutan (Trotolan Jantan) 2.500.000
5. Murai Batu Nias Hutan Ekor Hitam (Dewasa) 1.500.000
6. Murai Batu Aceh Hutan (Trotolan Jantan) 2.850.000
7. Murai Batu Aceh Hutan (Dewasa) 2.000.000
8. Murai Batu Nias Ekor Hitam (Trotolan) 2.050.000
9. Murai Batu Nias (Trotolan) 1.500.000
10. Murai Batu Sudah Jadi 4.000.000

Sebenarnya Masih banyak sih jenis-jenis Burung murai batu lain yang banyak beredar di pasaran Tetapi bakal saya update di postingan selanjutnya. Namun yang pasti saat ini cuman ada sekitar 7 jenis aja yang paling banyak diminati oleh para pecinta Burung Kicauan seperti yang mimin jelaskan di atas.